Tuesday, April 26, 2016

Waigeo Island - Raja Ampat


Waigeo mungkin terdengar asing bagi penduduk di luar Papua. Namun tempat ini mulai dikenal masyarakat luas karena  keindahan alam dan alam bawah lautnya. Jika dibandingkan Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta yang merupakan pulau utama di Raja Ampat, Waigeo adalah pulau terbesarnya. Dari sisi geografisnya, luas pulau ini adalah 3155 km², dengan titik tertinggi 1000 m. Jarak antara barat ke timur sekitar 110 km, serta utara ke selatan sekitar 50 km.
Keindahan yang dapat dinikmati adalah pantainya yang berpasir putih dan air laut yang jernih sehingga dapat melihat langsung kehidupan bawah laut tanpa harus snorkling maupun diving. Kepulauan Raja Ampat, termasuk Pulau Waigeo, terkenal dengan biota bawah laut yang beraneka ragam yang memiliki ribuan spicies ikan dan terumbu karang yang terindah di dunia.



1.  Waigeo Utara


Kesenian Suling Tambur
    Di Waigeo Utara terdapat kesenian suling tambur.  Kesenian ini bisanya ditampilkan pada saat perayaan hari-hari besar agama, 17 Agustus, dan menyambut kunjungan pejabat/orang penting.  Dalam acara hari-hari besar agama dan nasional biasanya dilakukan pertandingan antar kampung.    Masing-masing tim kesenian suling tambur dari tiap kampung se-Waigeo Utara dipertandingkan untuk melihat tim kesenian mana yang dapat memainkan suling tambur paling baik dan menarik.   Pada saat seperti ini para wisatawan biasanya berkunjung ke Waigeo Utara untuk ikut menikmati permainan suling tambur. Selain itu, di Waigeo Utara terdapat beberapa tempat yang dapat dijadikan lokasi wisata yaitu goa-goa peninggalan perang dunia II, keindahan bawah laut, dan atraksi budaya berupa tari-tarian tradisional.


2.  Waigeo Selatan

DIving
     Kegiatan wisata di Waigeo Selatan sudah berkembang dengan cukup baik karena sudah ada satu perusahaan yang mempromosikan pariwisata Raja Ampat dan mengembangkan daerah ini sebagai daerah tujuan wisata, khususnya wisata diving (wisata selam).  Obyek-obyek wisata yang dapat dikunjungi di daerah ini adalah Teluk Kabui dengan pulau-pulau karst, goa tengkorak, dan situs sejarah Raja Ampat di Kali Raja.  Aktivitas menarik lainnya yang terdapat di Waigeo
Selatan ialah bird watching (Yenwaupnor dan Sawinggrai), tari Salay (Saonek), dan kerajinan anyaman (Arborek). Di Arborek, para wisatawan juga dapat menyelam untuk melihat gerombolan manta (ikan pari).  Di Sawandarek para turis dapat menikmati pantai pasir putih, bebek-bebek laut, berenang/snorkeling dan menyelam untuk menikmati keindahan karang yang tiada taranya.  Di Sawandarek juga terdapat perkampungan tradisional yang dapat dimanfaatkan para turis untuk berjalan-jalan dan menikmati suasana kampung yang khas. 

3.  Waigeo Barat

Liveaboard
     Di Waigeo Barat para turis/pengunjung dapat melakukan aktivitas penyelaman (Selpele dan Wayag).  Lokasi ini sangat berpotensi dan selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh liveaboard.  Pulau-pulau karst di Wayag merupakan panorama alam yang sangat menarik untuk dinikmati.

4. Waigeo Timur

Hantu Laut
    Atraksi menarik yang dapat dinikmati di Waigeo Timur adalah tari-tarian dan suling tambur.  Di sini, khususnya di depan Kampung Urbinasopen dan Yesner terdapat atraksi fenomena alam yang sangat menarik dan unik, yang hanya bisa disaksikan setiap akhir tahun, yaitu cahaya yang keluar dari laut dan berputar-putar di permukaan sekitar 10 – 18 menit, setelah itu hilang dan bisa disaksikan lagi saat pergantian tahun berikutnya.  Masyarakat di kedua kampung ini menamakan fenomena ini sebagai “Hantu Laut”.

Baca Juga :
- Bantata Island - Raja Ampat
- Waigeo Island - Raja Ampat
- Misool Island - Raja Ampat
- Salawati Island - Raja Ampat
- Raja Ampat Island 
- 9 Tempat Traveling Terbaik di Indonesia 2016

No comments:

Post a Comment