Tuesday, April 26, 2016

Misool Island - Raja Ampat


   Di Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat, tidak hanya jejak keindahan yang bisa kita lihat, namun juga cerita prasejarah. Pulau yang berbatasan langsung dengan laut Seram ini memang misterius namun punya banyak cerita. Penasaran ?




Dunia Bawah Air Pulau Misool
    Misool mungkin menjadi tempat paling populer di Raja Ampat setelah Wayag. Keindahan pulau yang mempunyai luas wilayah 2.034 km persegi dan mempunyai titik tertinggi pada 535 meter ini  membuat siapapun selalu ingin ke tempat ini, lagi dan lagi. Pulau Misool berada di salah satu segitiga karang dunia. Itu mengapa panorama bawah laut Misool menjadi salah satu yang paling indah di Papua Barat, bahkan di dunia. Berbagai jenis ikan hias, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lainnya menjadi penghuni surga bawah laut pulau Misool. Itu mengapa, snorkling, diving, berenang, berjemur atau bersantai di tepi pantai yang sepi dan tenang akan memberikan liburan yang berkesan untuk setiap pengunjung. Karena berbatasan langsung dengan laut Seram dan perairan laut lepas, Misool menjadi jalus lintas hewan besar seperti paus dan gurita. Menurut masyarakat setempat gurita sering ditemukan pada malam hari. Sedangkan ikan paus ditemukan pada siang hari. Sehingga pulau Misool dikenal sebagai kawasan yang penuh misteri karena banyak terdapat hewan besar yang sudah langka dan jarang ditemukan di negara lain.


Island Paradise

    Menyelam di Misool sebenarnya bisa dilakukan sepanjang tahun, tetapi di sekitar bulan Mei hingga September, pulau ini sering dilanda turun hujan sehingga aktifitas penyelaman jarang dilakukan pada waktu tersebut. Sebenarnya, tanpa diving pun, hanya dengan snorkling kita sudah bisa melihat pesona bawah laut pulau Misool. Jernihnya air  pulau ini hingga apapaun yang ada dibawahnya bisa terlihat tanpa harus menyelam. Pulau yang terpencil sekaligus nyaris tak berpenghuni ini memang benar-benar indah. Sepanjang mata memandang, yang akan Anda lihat adalah hamparan beningnya air laut yang berwarna hijau turquise. Pasir putihnya terhampar di sepanjang pesisir pantai dan dikelilingi pepohonan hutan tropis dan mangrove yang hijau.


Goa Tomolol
     Bukan hanya itu yang membuat Misool mempesona, pulau ini juga memilki peninggalan sejarah yang bisa kita lihat di beberapa gua dan pulau-pulau karst. Di beberapa gua yang tersebar di Tomolol, Anda akan mendapati lukisan pra sejarah berupa telapak tangan manusia berukuran besar serta hewan-hewan. Lukisan ini diduga merupakan buatan manusia yang hidup di tempat ini. Selain lukisan gua, Misool juga menyimpan banyak peninggalan pra sejarah seperti batu asah, kuburan, tempat air dari batu dan dayung berukir.





Penginapan di Misool
    Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari penginapan karena akomodasi dan fasilitas pulau ini cukup lengkap. Penginapan kelas murah hingga resort pun tersedia plus tempat makan yang representatif. Untuk mencapai tempat ini kita bisa menumpang kapal besar dari Pelabuhan Rakyat di kota Sorong dengan tujuan Pelabuhan Harapan Jaya di distrik Misool Selatan. Waktu tempuhnya sekitar 7-8 jam dengan tarif Rp. 200 ribu. Oya, karena pulau Misool terdiri dari beberapa pulau kecil, Anda harus menyiapkan ekstra uang saku jika ingin melihat beberapa pulau itu plus pantainya yang super indah. Seperti misalnya pantai Olobi, pantai Gamfi, pantai Olobi Ganan, pantai Malili, pantai Jam, Pantai Daram, pantai Panun dan masih banyak lagi. Untuk mengunjungi masing-masing pantai itu, Anda harus menyewa speed boat.  Nah, selain pulau Misool, jangan lupa untuk bertandang ke desa wisata Sauwundarek, Arborek dan Sawinggrai ya. Selamat menjelajahi alam Papua!

Baca Juga :
- Bantata Island - Raja Ampat
- Waigeo Island - Raja Ampat
- Misool Island - Raja Ampat
- Salawati Island - Raja Ampat
- Raja Ampat Island 
- 9 Tempat Traveling Terbaik di Indonesia 2016

No comments:

Post a Comment