Tuesday, April 26, 2016

Bantata Island - Raja Ampat


    Nah, kali ini kita akan sedikit membahas salah satu gugusan pulau terbesar di Raja Ampat yang memiliki keindahan alam berupa pantai pasir putih, taman laut, dan air terjun. Tempatnya di Pulau Batanta.


    Pulau Batanta secara administratif masuk Distrik Samate, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Untuk menuju pulau ini, sobat traveler dapat menjangkaunya dari Kota Sorong yang merupakan gerbang pintu masuk ke Raja Ampat. Dari Bandara Domine Eduard Osok Sorong, sobat traveler dapat menaiki angkutan umum ke Pelabuhan Sorong kemudian menaiki kapal menuju Waisai. Selanjutnya, sobat traveler dapat melanjutkan perjalanan ke Pulau Batanta dengan menaiki perahu motor atau menyewa kapal cepat.


    Pulau Batanta merupakan pulau berpenghuni yang memiliki luas sekitar 453 kilometer persegi dan memiliki 2 desa wisata yakni Desa Marandanweser dan Desa Waiweser. Walaupun berpenghuni, pulau ini masih memiliki kondisi lingkungan yang alami dengan hutan yang masih terjaga dan dihuni oleh burung cendrawasih. Bila ingin bermalam di pulau ini, sobat traveler dapat mencari penginapan di kedua desa tersebut dengan fasilitas dan harga yang cukup bervariasi.

    Di pulau ini sobat traveler dapat menghabiskan waktu dengan bersantai di tepi pantai yang berpasir putih, menyelami keindahan bawah laut yang dihuni terumbu karang berukuran besar dan ikan-ikan yang berwarna-warni, dan menjelajahi pulau.



    Selain pantai pasir putih dan bawah laut yang menawan, Pulau Batanta juga memiliki air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Batanta. Air Terjun Batanta merupakan air terjun yang memiliki keunikan dengan aliran air seperti tirai dan memiliki goa kecil di balik aliran air terjun. Terkadang air terjun ini juga berhiaskan pelangi yang indah. Untuk menuju Air Terjun Batanta ini serasa berpetualang karena sobat traveler harus menyusuri sungai ke arah pedalaman, melewati hutan bakau, dan menaiki perbukitan dengan medan yang cukup curam.


Baca Juga :
- Bantata Island - Raja Ampat
- Waigeo Island - Raja Ampat
- Misool Island - Raja Ampat
- Salawati Island - Raja Ampat
- Raja Ampat Island 
- 9 Tempat Traveling Terbaik di Indonesia 2016

1 comment:

  1. Hallo,
    Blognya sangat menarik. Mengenai pulau Batanta, berapakah jumlah penduduknya dan apakah mereka hanya tinggal di kedua desa itu saja? Bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhan pangan, air, dan energi, pendidikan dll ?

    ReplyDelete